Apa yang dimaksud shield arduino?

shares |

Shield adalah sebuah papan yang dapat memudahkan kita dalam memasang berbagai sensor(contohnya PIR,ultrasonik,LDR) ataupun aktuator (contohnya servo, motor dc) di arduino. Keuntungannya atau penggunaannya sangat praktis jika menggunakan shield karena dapat menambah kapasitas input dan output. Kebanyakan shield untuk arduino yaitu ditancapkan kaki pinnya ke arduino, tetapi ada juga yang terpisah itu tergantung dari jenis shield tersendiri. Lantas apa perbedaan antara shield dan modul ya?
baca : Apa yang dimaksud modul arduino?

Shield memang sangat menguntungkan kita dalam membuat suatu proyek hanya dengan suatu shield maka semuanya akan mudah. contohnya seperti pada saat membuat proyek robot mobil, biasanya kita harus membuat rangkaian untuk bisa membuat maju si motornya dan harus pakai tambahan ic, sedangkan jika kita menggunakan sebuah shield maka semuanya sudah siap pakai termasuk icnya sudah terintegrasi. Shield sendiri sangat cocok untuk yang ingin belajar bagaimana cara membuat robotik. Karena pada dasarnya menggunakan shield atau tidak sebenarnya sama saja tujuannya. Sangat beragam jenis shield dengan masing-masing fungsi,salah satunya seperti:

Arduino thumbstick & key input shield, biasanya digunakan untuk menggerakan suatu benda dengan tombol tertentu jika anda ingat console playstation maka seperti itu bentuknya hanya berbeda bentuk.



Arduino thumbstick & key input shield AL-IMMR
Arduino thumbstick & key input shield


Motor shield l293d, digunakan untuk memutar sebuah motor dc (dinamo) atau untuk menggerakan sebuah motor servo.Saya juga membuat robot menggunakan shield ini

Motor shield l293d AL-IMMR
Motor shield l293d



Arduino LCD shield, digunakan untuk menampilkan output berupa gambar atau kata-kata yang terhubung dengan arduino atau ditancapkan.

Arduino LCD shield AL-IMMR
Motor shield l289n, digunakan untuk memutar sebuah motor dc atau servo.
Motor shield l289n AL-IMMR
Motor shield l289n
Sebenarnya ada banyak macam-macam shield dan banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Hanya tinggal mengembangkan dan berpikir kreatif maka akan menjadi hal yang inovatif bagi kehidupan.
Jadi sekarang sudah tahu kan apa itu shield?

Related Posts

2 komentar: