Arduino itu apa sih?

shares |

  • ARDUINO

Apa yang dimaksud arduino? Menurut saya, Arduino adalah sebuah papan mikrokontroler yang sifatnya open source yang bisa diprogram, kalau di dalam komputer kita sering sebut motherboard . hanya saja jika motherboard dalam komputer ukurannya besar kalau arduino adalah versi kecil nya. Motherboard PC mempunyai banyak macam-macam versi nya , Arduino juga mempunyai banyak versi perbedaannya pada ukuran dan spesifikasinya. Arduino paling terkenal yaitu Arduino Uno. Kebanyakan ukuran Arduino seperti kartu atm, sangat mudah untuk dibawa kemana saja. Macam-macam arduino antara lain:


ARDUINO UNO
ARDUINO ZERO
ARDUINO NANO

Perbedaan macam-macam jenis arduino memiliki kelebihan masing-masing contohnya arduino mega 
ARDUINO MEGA
memiliki pin yang banyak untuk inputan atau pun outpuan sedangkan Arduino Nano, sudah diketahui nano identik dengan kecil maka pin nya pun lebih sedikit daripada arduino mega.
ARDUINO NANO

MANFAAT ARDUINO DAN BAGAIMANA SIH ARDUINO ITU?

ARDUINO adalah alat yang serbaguna arduino sering digunakan untuk membuat robot dan hal-hal yang bermanfaat bagi manusia seperti robot penghindar objek, robot pengikut garis, alarm anti maling dan lain lain. Mengapa arduino bisa begitu ? Arduino sebenarnya hanya otak kecil yang tidak bisa apa-apa, tetapi mengapa bisa untuk membuat robot dan hal-hal yang keren? Jadi arduino diprogram oleh kita sesuai yang kita inginkan tapi ada caranya untuk memerintah arduino kita harus memprogram dengan bahasa C.  
DUA ROBOT INI ADALAH HASIL KARYA SAYA.
KIRI KE KANAN : ROBOT PENGHINDAR OBJEK DAN PENGIKUT GARIS

Untuk menulis programnya arduino mempunyai aplikasi/software ARDUINO IDE


Kalau bahasa sederhananya ARDUINO IDE adalah tempat untuk menuliskan atau memogram arduino tersebut.  jadi kita menulis program nya di software arduino lalu upload ke arduinonya.


Related Posts

6 komentar:

  1. nice post sobat,,
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah mengunjungi blog ini.

      Delete
  2. wahh makasih infonya gan :)

    hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, terimakasih telah mengunjungi blog ini.

      Delete
  3. infonya sangat membantu buat ane gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan telah berkunjung ke blog ini.

      Delete